Virus Corona Itu Ukuran 0,1 Mikron, Pakai Masker yang Apa Dong?

Virus Corona Itu Ukuran 0,1 Mikron, Pakai Masker yang Apa Dong? Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto

Juru Bicara sekaligus Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan virus Covid-19 berukuran 0,1 mikron sehingga masyarakat diimbau menggunakan masker dengan tepat. Hal itu penting untuk mencegah penularan virus ini.

Baca Juga: Positif Corona, Konglomerat Ini Langsung Sewa Jet Pribadi Rp5 M!

Wiku pun mengingatkan pentingnya 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. “Jadi kalau tanpa memakai masker semua pasti tahu faktor yang mempengaruhi efektivitas masker itu tentunya adalah cara pemakaiannya, cara pelepasannya, cara kemampuan filtrasinya kalau kita menggunakan masker,” katanya dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 virtual, Minggu (9/8/2020).

Jenis masker yang masyarakat sering dipakai saat ini adalah masker kain. Namun, kata Wiku penyaringan masker kain tidak lebih tinggi dibanding masker medis maupun dengan filtrasi 95 atau N95.

Meskipun, dari segi kemudahan bernafas tentunya masker kain lebih mudah bernafas. “Kalau bedah kurang lebih mirip biasanya lebih tergantung jenis kainnya. Tapi kalau yang N95 lebih pengap karena lebih tebal, penjaringannya lebih baik. Kalau ekonomisnya sudah pasti masker kain paling ekonomis dibanding N95,” kata Wiku.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini