BNI Salurkan Pembiayaan ke Nelayan Kotabaru

BNI Salurkan Pembiayaan ke Nelayan Kotabaru Foto: Antara/Rahmad

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memaksimalkan bantuan penyaluran dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada UMKM agar segera bangkit dengan membangun ekosistem digital bagi nelayan tangkap di Kotabaru, Pulau Laut, Kalimantan Selatan.

Dalam pelaksanaannya, BNI menggandeng mitra startup yang bergerak di bidang perikanan. Ekosistem digital yang terbentuk dapat melayani seluruh kebutuhan nelayan atau petambak mulai dari kebutuhan melaut, menjamin penyerapan hasil tangkapan nelayan, hingga menghubungkan produk-produk hasil laut ke pasar ekspor.

Baca Juga: BNI Cabang New York Perkuat Pembiayaan Dolar

Dengan sinergi ini, semangat memajukan UMKM di Sektor Kelautan dan Perikanan yang tidak hanya terbatas pada akses modal melalui pinjaman kredit usaha rakyat (KUR), tetapi juga memberikan akses layanan perbankan lain dan juga pendampingan melalui program kemitraan.

Selain itu, BNI juga memberikan tambahan pelatihan keterampilan bagi ibu-ibu nelayan dalam mengolah hasil laut, pelatihan pemasaran dan packaging, literasi keuangan, serta penjualan hasil tangkapan nelayan pasar ekspor melalui jaringan pasar mitra BNI.

"Fungsi pendampingan kepada nelayan juga akan dilakukan dengan melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten setempat," kata Pgs Head of Region BNI Wilayah Banjarmasin, Untung Rahmat Basuki.

Direktur Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) BNI, Tambok P Setyawati, menambahkan bahwa BNI akan tetap terus menyukseskan pembangunan perekonomian Indonesia dan menyalurkan pembiayaan bagi segenap nelayan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera.

"Hal ini sejalan dengan program pemerintah di bidang perikanan khususnya dalam hal perluasan pasar laut Indonesia maupun leveling produk-produk UMKM sektor kelautan dan perikanan," ujarnya.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada nelayan. KUR tersebut menambah portofolio penyaluran KUR BNI tahun 2020 yang hingga 31 Juli 2020 telah mencapai Rp9,76 triliun, menyentuh 257.616 penerima KUR di seluruh Indonesia.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini