6 Bulan Merana, Harga CPO Kembali Memesona

6 Bulan Merana, Harga CPO Kembali Memesona Foto: Antara/Syifa Yulinnas

Setelah terjebak dalam lengkung harga US$515 per MT, harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) di bulan kedelapan 2020 kembali bersinar. Pasalnya, data CIF Rotterdam mencatat harga rata-rata CPO pada pekan I Agustus 2020 telah berada pada level US$714 per MT.

Nilai ini mengalami penguatan yang cukup tajam dalam enam bulan terakhir pasca-goncangan ekonomi selama pandemi Covid-19. Dibandingkan periode yang sama pada bulan sebelumnya, harga rata-rata CPO saat ini mengalami penguatan hingga mencapai 17,1 persen atau sekitar US$104,5 per MT.

Perlu diingat kembali bahwa level harga tersebut merupakan harga ideal yang menjadi batas aman untuk stakeholders yang terlibat.

Baca Juga: Pandemi Tak Halangi Sinar Mas Perkuat Rantai Pasok Produk Sawit

Baca Juga: Kemendag Bentuk Tim Kampanye Positif Sawit Indonesia

Permintaan terhadap minyak nabati dunia khususnya kelapa sawit semakin meningkat seiring dengan relaksasi lockdown yang terjadi di sejumlah negara importirnya, seperti China, India, dan Uni Eropa.

China yang menjadi importir minyak sawit terbesar asal Indonesia pada 2019 lalu diyakini siap membeli lebih banyak CPO dan produk turunannya di sisa tahun ini.

Strategist Eastport Maritime Singapura, Andrew Shipley mengatakan bahwa hujan deras dan banjir yang terjadi di beberapa bagian China Selatan dalam beberapa pekan terakhir telah mengganggu laju transportasi pengangkutan kedelai dan mengurangi ketersediaan minyak nabati di Negara Tirai Bambu tersebut.

Kondisi ini diperkirakan akan mendorong China meningkatkan impor minyak sawit sebagai alternatif atas keterbatasan stok domestik.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini