Fahri Hamzah Taruh Harapan Besar ke UMKM

Fahri Hamzah Taruh Harapan Besar ke UMKM Foto: Sufri Yuliardi

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Fahri Hamzah memandang wabah corona (Covid-19) saat ini menyebabkan perdagangan internasional (global trade) merosot drastis.

Sebaliknya, tanpa diduga perdagangan domestik oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi akan membuat ekonomi naik dan bergairah. Dia yakin UMKM menjadi penolong kondisi ekonomi di Indonesia.

"Nah itu bagiannya. Gilirannya koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia yang akan menjadi penyelamat di massa pandemi Covid-19 ini," kata Fahri Hamzah melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Telunjuk Bantu UMKM Melek Data Lewat Compas

Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 ini melihat ada celah peluang untuk bangsa ini apabila mau keluar dari krisis berlarut seperti adanya pergeseran industri besar ke manufaktur dasar. Hal ini tentu saja akan memberi kesempatan untuk mengatur peran yang lebih besar bagi koperasi dan UMKM di Indonesia.

Apalagi UMKM sebagai soko guru perekonomian sebagaimana cita-cita Wakil Presiden Indonesia pertama Muhammad Hatta. Bahkan, lanjut Fahri, Covid-19 ini juga akan menggeser pusat pertumbuhan dan pelaku pertumbuhan, dari kota ke desa, dari barat ke timur, dari konglomerat ke UMKM, juga dari keuangan ke sektor riil.

Begitu pula dengan transaksi digital tetap akan meningkat, tetapi terkait domestik dan produk sektor riil.

"Ini semua bukan teori, tapi peluang. Nah, karena itu bisa menjadikannya kenyataan. Bukan orang mengkhayal. Praktisi leadership berpengaruh besar dalam mengubah peluang menjadi kenyataan," jelas Fahri.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini