RK Jadi Relawan Uji Coba Vaksin, Netizen: Terawan Ikut Juga Dong

RK Jadi Relawan Uji Coba Vaksin, Netizen: Terawan Ikut Juga Dong Foto: Antara/Agung Rajasa

Janji Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menjadi relawan vaksin Covid-19 buatan China benar-benar dibuktikan. Nama Emil, sapaan Ridwan Kamil, sudah terdaftar sebagai relawan. Kalau Emil sudah ikut, Pak Menkes Terawan enggak ikutan nih?

Kepastian ikutnya Emil dalam daftar relawan disampaikan Ketua tim riset uji klinis Kusnandi Rusmil di Bandung, Sabtu (8/8/2020). Dia bilang eks Walikota Bandung itu sudah mendaftarkan diri jadi relawan.

"Namanya sudah masuk (daftar). Dia sendiri yang kirim (foto) kartu tanda penduduknya langsung ke petugas," kata Kusnandi.

Baca Juga: Mantap Pisan, Kang Emil Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Menurut Kusnandi, saat ini tim tengah memeriksa alamat para pendaftar. Dari 800-an orang yang telah mendaftar, kata dia, banyak yang beralamat di luar Kota Bandung. Misalnya dari Sumedang, Kabupaten Bandung, atau Bandung Barat.

"Prioritas masih untuk Kota Bandung. Masih banyak yang minat ikut," ujarnya.

Seperti diketahui, Bio Farma menggaet tim riset Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran untuk menggelar uji klinis fase ketiga atau tahap akhir dari calon vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal Cina.

Tim riset memerlukan 1.620 relawan dengan syarat berbadan sehat dan beralamat di Kota Bandung. Proses uji klinis akan dimulai 11 Agustus 2020 berupa pemeriksaan kesehatan termasuk rapid dan swab test. Ridwan Kamil pada pekan lalu mengaku siap menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 produksi Sinovac dari China.

Menurutnya, inisiatif pimpinan yang ikut akan menjadi contoh baik dan menambah keyakinan bahwa uji vaksin yang disponsori Bio Farma itu akan berjalan dengan lancar.

"Kalau pimpinannya juga melakukan, Insya Allah rakyatnya juga akan meyakini proses (uji klinis) vaksin ini berjalan dengan lancar," kata Emil.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini