Kemendagri Ngamuk Otsus Papua Dituduh Gagal

Kemendagri Ngamuk Otsus Papua Dituduh Gagal Foto: Antara/Indrayadi TH

Kementerian Dalam Negeri menegaskan tidak ada tudingan yang menyatakan Otonomi Khusus (Otsus) di Tanah Papua gagal, sangat tidak fair. Sebaliknya, dengan semua yang sudah diupayakan, Otsus sudah sangat membantu hanya saja kurang tersosialisasikan dengan baik.

"Sebenarnya tidak fair kalau dibilang gagal, permasalahannya itu kurangnya sosialisasi dari pemda itu sendiri sehingga menimbulkan miss komunikasi di masyarakat," kata Kasubdit Provinsi Papua & Papua Barat Ditjen Otda, Kemendagri Budi Arwan dalam diskusi virtual Human Studies Institute (HSI), Sabtu (8/8/2020).

Baca Juga: Pilkada Serentak saat Pandemi, Mendagri Tito Ingatkan: Tolong...

Ia pun menyebut Otsus bukanlah sekadar bagi-bagi uang dan akses politik. Ada hal lain yang tak kalah penting yakni program pembangunan daerah.

"Otsus bukan sekedar bagi-bagi uang ke daerah, tapi juga ada program-program membangun daerah," lanjut Budi.

Ia menekankan, ke depan semangat pembangunan daerah itulah yang harus dikawal agar bisa mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua.

"Harus ada niat yang kuat dan tulus dari semua pihak untuk mengawal Otsus. Sebenarnya sudah banyak pengawas dana Otsus, tapi entah kenapa masih juga belum menyentuh masyarakat bawah," pungkasnya.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini