Wilayah Terpencil Jayapura Kini Dialiri Listrik

Wilayah Terpencil Jayapura Kini Dialiri Listrik Foto: Antara/Jojon

PT PLN (Persero) meningkatkan layanan listrik bagi desa-desa terpencil. Salah satunya di Distrik Demta dan Kampung Kamdera, Kabupaten Jayapura yang telah menikmati listrik 24 jam.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid menyampaikan, 522 pelanggan di Distrik Demta dan Kampung Kamdera, Kabupaten Jayapura kini dapat menikmati layanan listrik PLN sehari penuh atau 24 jam.

Baca Juga: Capai 7.964 Mega Watt, PLN Klaim Terus Tingkatkan Pembangkit EBT

Peningkatan layanan listrik bisa terealisasi setelah PLN berhasil menyambungkan sistem kelistrikan isolated Demta dengan dengan sistem kelistrikan Genyem yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Orya Genyem.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan listrik kepada masyarakat, terutama dengan mendorong penggunaan energi baru terbarukan guna menghadirkan energi yang ramah lingkungan," ujar Abdul, Jumat, (7/8/2020).

PLN telah menghubungkan sistem kelistrikan yang sebelumnya jaringan terbatas atau tersisolated PLTD Demta dan PLTD Kamdera dengan sistem kelistrikan Genyem, sistem tersebut kini dipasok langsung dari PLTA Orya Genyem berkapasitas 2x10 MW.

Untuk menghubungkan sistem tersebut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 27.12 Kilometer sirkit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 6.15 kms dengan nilai investasi mencapai Rp5,5 miliar.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini