Gunung Sinabung Erupsi saat Pandemi, Kolom Abu Capai 2.000 Meter

Gunung Sinabung Erupsi saat Pandemi, Kolom Abu Capai 2.000 Meter Foto: Antara/Tibta Peranginangin

Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi dan PVMBG menginformasikan bahwa Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Sabtu 8 Agustus 2020 kembali erupsi. 

Kabarnya, ini erupsi pertama di masa pandemi Covid-19. Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak atau kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut. 

Baca Juga: Habib Bahar Dipindah dari Nusakambangan ke Gunung Sindur

Pada erupsi kali ini, kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur. 

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 1 jam 44 detik.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi.

Selain itu, warga atau pengunjung juga dilarang berada di lokasi dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini