Pesawat AS Diam-Diam Intai Laut China Selatan, China Murka

Pesawat AS Diam-Diam Intai Laut China Selatan, China Murka Foto: Sindonews

Polemik Laut China Selatan (LCS) masih berlanjut hingga kini, membuat Menteri Pertahanan Tiongkok, Wei Fenghe dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper melakukan komunikasi via telepon pada Kamis (6/7/2020).

Berdasarkan laporan dari laman SCMP, mereka mengungkap perselisihan antara Tiongkok dengan Taiwan atas Laut China Selatan yang baru-baru ini memanas.

Baca Juga: Ngeri! China Pamer Senjata yang Bisa Buat Kapal Induk AS Hancur

Dalam panggilan telepon tersebut Wei Fenghe menyatakan bahwa Beijing merasa frustasi karena sikap Washington. Namun mereka sepakat akan mempertahankan kontak untuk menghindari risiko bentrokan militer.

Kedua menteri pertahanan tersebut terhitung kedua kalinya melakukan komunikasi pada tahun 2020, percakapan tersebut diprakarsai oleh Tiongkok karena merasa bahwa Amerika Serikat semakin provokatif terhadap wilayah Laut China Selatan.

Komunikasi itu tercipta satu hari setelah operasi malam yang dilakukan oleh pesawat pengintai AS di perairan dekat Provinsi Guangdong.

Menurut keterangan pihak Tiongkok, militer AS telah membuat langkah besar yang membuat militer di negaranya sempat khawatir.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini