Pemerintah Bantah Sengaja Terapkan Herd Immunity

Pemerintah Bantah Sengaja Terapkan Herd Immunity Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto

Pemerintah menepis tudingan bahwa penanganan Covid-19 di Tanah Air mengarah kepada penerapan herd immunity. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, langkah pencegahan infeksi virus corona sejak awal dilakukan secara hati-hati. Tak hanya itu, perkembangan data dan penanganan pasien pun dilakukan secara ketat dan termonitor.

Baca Juga: Jakarta Paling Demokratis, Orang Demokrat: Kayak Gini Prestasi?

"Saya paham bahwa ada anggapan kebijakan tidak ada lockdown itu berarti herd immunity. Itu salah. Mitigasi Covid-19 ini dilakukan secara hati-hati dan dimonitor dengan ketat," kata Wiku menjawab pertanyaan media asing dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Kamis (6/8).

Dikutip dari sebuah paparan di situs Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), herd immunity adalah perlindungan relatif dari kelompok populasi yang dicapai dengan mengurangi atau memutus rantai penularan agen infeksi, karena sebagian besar popular resisten terhadap infeksi melalui imunikasi atau infeksi secara alami sebelumnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini