BRI: Nyawa Kami Ada di UMKM

BRI: Nyawa Kami Ada di UMKM Foto: WE

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus berupaya berkontribusi untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional, khususnya di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sebab, sektor UMKM merupakan nyawa bagi BRI dan juga negara karena merupakan penggerak perekonomian Indonesia.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menyampaikan, UMKM sangat penting bagi BRI dan negara. Jika UMKM mengalami masalah, BRI juga akan bermasalah. Selain itu, UMKM juga menjadi penggerak utama perekonomian negara ini.

"Sampai hari ini, 78% dari portofolio kredit UMKM, 40% di antaranya usaha mikro. Jadi sesungguhnya nyawa BRI dan rohnya ada di sana,” ujar Supari,  Rabu (5/8/2020).

Baca Juga: Harga Emas Bikin Meringis, Antam Tetap Laris Manis

Supari menilai, setidaknya ada tiga hal penting yang dikontribusikan oleh UMKM. Pertama, penanggulangan kemiskinan. Jelas Supari, di situlah UMKM memegang peran penting khususnya terkait penyerapan tenaga kerja.

"Kalau sekarang hampir 62 juta UMKM, penyerapan dari mikro saja kurang lebih 105 juta orang yang mencari nafkah di usaha mikro pada umumnya. Begitulah peran pada pengentasan kemiskinan," tutur Supari.

Kedua, peran pemerataan yang ruangnya luar biasa tidak tersekat-sekat oleh geografis, ada di mana saja, ada di desa, pasar, dan kaki lima sehingga UMKM memiliki peran penting dalam pemerataan perekonomian di negara ini.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini