Lagi Patroli di Laut Hitam, Jet Tempur Rusia Tangkap Pesawat AS

Lagi Patroli di Laut Hitam, Jet Tempur Rusia Tangkap Pesawat AS Foto: Sindonews

Sebuah jet tempur Su-27 Rusia mencegat atau mengintersepsi dua pesawat pengintai militer Amerika Serikat (AS) di atas Laut Hitam pada hari Rabu. Ini merupakan kejadian terbaru dari serangkaian interaksi di udara antara pasukan AS, NATO, dan Rusia.

Militer Moskow mengatakan kepada kantor berita TASS bahwa jet tempur Su-27 bertemu dengan pesawat-pesawat AS di atas perairan internasional di Laut Hitam.

Baca Juga: Malu-maluin, Spare Part Jet Tempur F-15 AS Jatuh di Langit Jepang

"Awak jet tempur Rusia mendekati pesawat-pesawat pada jarak yang aman dan mengidentifikasi mereka sebagai pesawat pengintai strategis RC-135 Angkatan Udara AS dan P-8A Poseidon, pesawat patroli maritim Angkatan Laut AS," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Militer AS maupun NATO belum berkomentar atas pencegatan kedua pesawat tersebut. Namun, situs pelacakan radar sipil menunjukkan pesawat-pesawat AS memang terbang di atas wilayah Laut Hitam pada 5 Agustus, dan tidak jauh dari Semenanjung Crimea.

Crimea telah dianeksasi oleh Rusia setelah melepaskan diri dari Ukraina pada tahun 2014. Langkah Moskow itu tidak diakui oleh beberapa negara Barat. Semenanjung Crimea telah menjadi rumah bagi Armada Laut Hitam Rusia dan beberapa instalasi militer Moskow.

Jet tempur AS dan NATO secara rutin juga mencegat pesawat pengintai dan pembom strategis Rusia di di atas lautan Pasifik dan Atlantik. Sebagian besar insiden bersifat rutin dan dianggap tidak mengancam.

Pada Mei, seorang pejabat NATO mengatakan kepada RFE/RL bahwa aktivitas pesawat militer Rusia di Laut Hitam dan bagian lain Eropa telah meningkat sejak 2014.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini