Pegadaian: Harga Emas Naik, Jaminan Emas Juga Naik

Pegadaian: Harga Emas Naik, Jaminan Emas Juga Naik Foto: Antara/Anggoro

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang dijual di Pegadaian ukuran 1 gram mencapai Rp1.077.000. PT Pegadaian (Persero) menjual berbagai jenis emas Antam dan emas UBS, harganya pun bervariasi meski dengan berat yang sama. Emas Antam dengan berat 1 gram hari ini dibanderol Rp1.077.000/batang, naik Rp 21.000.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian, Hariyanto Widodo, menyampaikan bahwa kenaikan harga emas yang terus melambung tinggi di tengah wabah Covid-19 membuat Pegadaian ikut merasakan dampak yang diterima meski tidak begitu signifikan, terutama untuk bisnis gadai.

Baca Juga: Daftar Harga Emas Pegadaian Hari Ini, Selasa 4 Agustus 2020

"Dampaknya tidak langsung, khususnya untuk bisnis gadai. Kalau emas naik, artinya nilai barang jaminan emas juga naik," ujar Hariyanto saat dihubungi, Kamis (6/8/2020).

Hariyanto menilai, kenaikan harga emas menjadi berkah bagi perusahaan gadai pelat merah tersebut sebab masyarakat atau nasabah bisa top-up pinjamannya lagi, terkecuali untuk nasabah gadai baru akan dinilai dengan standar taksiran harga yang terbaru.

Meskipun begitu, belum tentu keinginan masyarakat terutama para nasabah di Pegadaian ingin menggadaikan emasnya saat harga sedang tinggi-tingginya. Justru, ada sebagian masyarakat menebus gadainya untuk menjual emas.

"Jadi dampak kenaikan harga emas bisa dilihat dari berbagai sisi," ucap Hariyanto.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini