Vaksin Corona Bekingan Bill Gates Dipatok Harga Rp538 Ribu

Vaksin Corona Bekingan Bill Gates Dipatok Harga Rp538 Ribu Foto: Reuters.

Perushaan biofarmasi yang mengembangkan vaksin corona, Moderna sebagaimana diketahui menjadi salah satu perusahaan yang didukung oleh miliarder Bill Gates. Baru-baru ini perusahaan mengungkap harga vaksin corona buatannya. Berapa ya kira-kira?

Sebagaimana dilansir dari CNBC International di Jakarta, Kamis (6/8/2020) Moderna akan mengenakan biaya antara USD32 hingga USD37 per dosis vaksin corona. Dan kalau dikonversi ke rupiah akan setara dengan Rp465 ribu hingga Rp538 ribu per dosisnya.

Baca Juga: Bill Gates: Musim Panas Akan Jinakkan Corona, Asal Warganya...

Mereka mengklaim harga tersebut di bawah harga pandemi yang lebih murah. Perusahaan yang berbasis di Cambridge, Massachusetts ini sedang dalam diskusi untuk perjanjian volume yang lebih besar dengan harga yang lebih murah.

Dalam panggilan konferensi hasil keuangan kuartal kedua, CEO Moderna Stephane Bancel mengatakan tengah bekerja dengan pemerintah di seluruh dunia untuk memastikan vaksin dapat diakses bagi siapapun meski tak mampu untuk membayar.

“Di Moderna, seperti banyak ahli, kami percaya virus ini tidak akan hilang dan akan ada kebutuhan untuk memvaksinasi orang atau memberi mereka dorongan selama bertahun-tahun yang akan datang," ujar Bancel.

Moderna mendefinisikan sejumlah kecil vaksinnya berjumlah dalam jutaan. Namun, arga yang dikenakan perusahaan untuk pesanan kecil lebih tinggi dari Pfizer dan bioteknologi Jerman BioNTech yang mematok USD19,50 per dosis (Rp284 ribu).

Bancel mengatakan vaksin akan diberi harga jauh di bawah harga tersebut selama periode pandemi. Setelah virus terkendali dan dianggap endemik, harga akan mengikuti pasar tradisional sesuai dengan vaksin komersial lainnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini