Apa Itu Amonium Nitrat?

Apa Itu Amonium Nitrat? Foto: Reuters/Mohamed Azakir

Amonium nitrat adalah padatan kristal putih yang bisa larut secara alami. Amonium nitrat saat ini lebih dikenal sebagai saltpetre. Amonium nitrat merupakan suatu senyawa kimia, yang merupakan garam nitrat dari kation amonium.

Amonium nitrat memiliki rumus kimia NH4NO dan disederhanakan menjadi N2H4O3. Senyawa ini berbentu padatan kristal putih dan sangat larut dalam air. Penggunaan amonium nitrat terbesar adalah pertanian sebagai pupuk kaya-nitrogen.

Baca Juga: Presiden Lebanon: 2.750 Ton Amonium Nitrat Pemicu Ledakan Dahsyat

Amonium nitrat juga termasuk komponen utama dalam penambangan bahan peledak. Meskipun begitu, senyawa kimia tersebut tidak bisa meledak dengan sendirinya. Senyawa ini menarik oksigen ke api.

Amonium nitrat sebenarnya dapat memadamkan api. Meskipun begitu, jika bahan kimia itu sendiri terkontaminasi, misalnya dengan minyak, ia menjadi sangat mudah meledak.

Ledakan yang terjadi menyisakan bahan kimia di udara. Itu harus mengilang dengan cepat. Sebab, polutan yang tersisa dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Misalnya, terjadinya hujan asam.

Apabila terhirup, amonium nitrat dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dengan gejala batuk, sakit tenggorokan dan napas yang pendek.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini