Erick Thohir: Insyaallah Bahan Baku Vaksin Covid-19 Halal

Erick Thohir: Insyaallah Bahan Baku Vaksin Covid-19 Halal Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Menteri BUMN Erick Thohir meminta masyarakat memercayakan produksi vaksin Covid-19 kepada Bio Farma. Dia memastikan bahwa bahan baku vaksin yang nantinya akan diproduksi Bio Farma bakal memiliki label halal.

"Insyaallah bahan bakunya halal karena Biofarma sudah menjadi salah satu pusat produksi vaksin halal, banyak negara-negara Timur Tengah yang sudah beli," kata Erick, Selasa (4/8/2020).

Baca Juga: Erick Thohir Klaim Biofarma Siap Produksi Vaksin Corona

Kendati begitu, nantinya label halal akan menjadi keputusan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selama ini, Bio Farma juga telah banyak mengeluarkan vaksin halal. Bahkan, Indonesia menjadi pusat vaksin halal dunia.

Erick Thohir meminta masyarakat tidak perlu ragu apabila nantinya vaksin Covid-19 ini lulus uji klinis fase 3 dan diproduksi secara massal. Mengingat, Bio Farma sudah berpengalaman dalam memproduksi vaksin sejak tahun 1890.

Sejauh ini, sudah ada 15 produk vaksinnya yang lulus Pre-Kualifikasi Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dengan begitu, ada 150 negara yang telah menggunakan produknya. Bahkan, negara–negara di Timur Tengah banyak yang sudah menggunakan dan belajar dari Bio Farma untuk membuat vaksin.

Kendati begitu, sambil menunggu produksi vaksin pada 2021, masyarakat diminta tetap harus memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini