Kisah Orang Terkaya: Mukesh Ambani, Orang Terkaya India dan Asia

Kisah Orang Terkaya: Mukesh Ambani, Orang Terkaya India dan Asia Foto: REUTERS/Francis Mascarenhas

Orang terkaya India masih ditempati oleh Mukesh Ambani selama lebih dari 12 tahun. Mukesh Ambani lahir dengan nama lengkap Mukesh Dhirubhai Ambani pada 19 April 1957, di Aden (sekarang Yaman) dari Dhirubhai Ambani dan Kokilaben Ambani.

Mukesh Ambani menghabiskan satu tahun di Yaman dan pada tahun 1958, lalu pindah kembali ke India untuk memulai bisnis perdagangan rempah-rempah dan tekstil.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Ma Huateng, Orang Terkaya No 1 di China

Mukesh Ambani menyelesaikan SMA-nya di SMA Hill Grange, Peddar Road, Mumbai bersama dengan saudaranya Anil Ambani. Dia diterima di St. Xavier College, Mumbai untuk menyelesaikan Pendidikan Menengah Atas. 

Sementara Mukesh Ambani memegang gelar Sarjana Teknik Kimia dari Institut Teknologi Kimia. Meski demikian, ia pernah diterima di Universitas Stanford untuk mengejar gelar MBA tetapi keluar untuk membantu ayahnya membangun Reliance.

Pada tahun 1981, setelah kembali ke India, Mukesh Ambani membantu ayahnya membangun Reliance Industries Ltd. Bisnis keluarga pada saat ini berkembang ke industri pengilangan minyak, petrokimia, ritel dan telekomunikasi. 

Anak perusahaannya, Reliance Retail Ltd. adalah pengecer terbesar di India. Mukesh Ambani juga memiliki tim IPL Mumbai India dan merupakan pemilik Indian Super League, sebuah liga sepak bola di India.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini