Hubungan China-Jepang Panas, Militer Mana yang Paling Unggul?

Hubungan China-Jepang Panas, Militer Mana yang Paling Unggul? Foto: AP Photo

Militer Jepang kerap tidak mengungkapkan potensi ancaman musuh yang mendorong mereka memodernisasi seluruh angkatan tempurnya mulai dari darat, laut hingga udara. Negeri Sakura tidak ingin merusak hubungan diplomatik dengan siapa pun.

Namun Jepang mengawasi negara tetangganya China yang sedang mengejar ambisinya. China dinilai ingin menguasai Laut China Timur dan juga Laut China Selatan yang bersifat strategis serta kaya sumber daya alama.

Baca Juga: China Tak Terima Kalau TikTok 'Dicuri' Amerika

Berdasarkan pantauan citra satelit dan media pemerintah, China mengerahkan kapal perang dan mengirim pesawat tempur ke Laut China Selatan yang dipersengketakan Beijing dengan banyak negara Asia Tenggara.

China juga terus mengirimkan pesawat tempur dan Angkatan Lautnya ke wilayah sengketa dengan Jepang di Laut China Timur.

Karena itu bukan Rusia yang membuat Jepang membeli 147 pesawat tempur F-35 atau memproduksi kapal induk pertama sejak Perang Dunia II.

Bukan pula Korea Utara yang membuat mereka menggelar latihan serangan amfibi merebut Pulau Senkaku untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun. Kompetitor terkuat Jepang adalah tetangga mereka, Cina.

Negeri Sakura mengakui mereka lemah dalam mempertahankan pulau-pulau mereka di sebelah barat.  Karena itu mereka cukup agresif terhadap China.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini