Deg-degan Menanti Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II

Deg-degan Menanti Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Foto: Sufri Yuliardi

Badan Pusat Statistik (BPS) siang ini, Rabu (5/8/2020), akan mengumumkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2020. Pengumuman tersebut dijadwalkan pada pukul 11.00 WIB di Kantor BPS, Jakarta.

Sebelumnya, BPS mencatat laju pertumbuhan ekonomi pada kuartal I (Januari-Maret) 2020 hanya tumbuh 2,97%. Angka ini melambat dari 4,97% pada kuartal IV 2019. Bahkan, pertumbuhan jauh di bawah pencapaian kuartal I 2019 yang mencapai 5,07%.

Baca Juga: Ini Saran Buat Pemerintah untuk Pulihkan Ekonomi saat Covid-19

"Kuartal I 2020 ini mengalami perlambatan yang cukup dalam," kata Kepala BPS, Suhariyanto. Capaian pertumbuhan ini pun meleset dari proyeksi pemerintah.

Lalu bagaimana proyeksi kuartal kedua? Pemerintah telah memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan makin melambat di kuartal II 2020. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan penyebabnya adalah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Pertumbuhan ekonomi yang melambat di kuartal I mungkin akan diikuti ditriwulan II karena PSBB dilakukan secara lebih meluas. Kita akan melihat dampaknya pada triwulan II dan III yang mungkin akan berdampak lebih banyak akibat pelaksanaan PSBB tersebut," kata Sri Mulyani.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini