Sekolah Mau Dibuka, Eh Kasus Covid-19 Melonjak

Sekolah Mau Dibuka, Eh Kasus Covid-19 Melonjak Foto: Sufri Yuliardi

Dinas Kesehatan Riau menyatakan kasus terkonfirmasi COVID-19 di provinsi itu dalam dua hari terakhir melonjak drastis yakni totalnya ada tambahan 577 kasus, di tengah Wali Kota Pekanbaru menyetujui rencana sekolah untuk kembali dibuka di masa pandemi.

Baca Juga: Ibu Ini Menangis: Tak Pernah Keluar Rumah Tapi Positif Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, dr Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Selasa, menyatakan ada penambahan 71 kasus baru yang terkonfirmasi COVID-19. Ini adalah penambahan tertinggi dalam sehari di Riau, setelah pada Senin (3/8) lalu ada tambahan 50 kasus.

"Dengan adanya penambahan 71 kasus baru tersebut maka jumlah total konfirmasi positif di Provinsi Riau 577 kasus," kata Mimi Yuliani.

Ia merinci total kasus COVID-19 di Riau terdiri atas 97 orang jalani isolasi mandiri, dirawat di rumah sakit ada 123 orang, sembuh dan dipulangkan ada 344 orang, serta 13 meninggal dunia. Terjadinya peningkatan drastis kasus terkonfirmasi, lanjutnya, karena Pemprov Riau kini gencar melakukan tes usap untuk mencari pasien dari orang tanpa gejala (OTG).

Selain itu, pemerintah daerah juga gencar melakukan tes usap kepada tenaga kesehatan, di semua fasilitas kesehatan terutama rumah sakit rujukan COVID-19. Hasilnya, sudah ada 78 orang tenaga medis yang terkonfirmasi terinfeksi COVID-19.

“Terjadinya peningkatan untuk hari ini yang mana terdapat penambahan 71 kasus yaitu berasal dari kontak erat kasus positif sebelumnya. Dari jumlah total 577 kasus konfirmasi positif COVID-19 Riau, 78 orang ialah dari tenaga medis yang tersebar di 10 kabupaten/kota," katanya.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini