Gibran Nantang Rocky Gerung Debat Terbuka, Beneran Nih?

Gibran Nantang Rocky Gerung Debat Terbuka, Beneran Nih? Foto: Antara/R Rekotomo

Beredar foto Gibran Rakabuming dengan foto Rocky Gerung. Dalam foto tersebut terdapat narasi yang menyebut Gibran menantang pengamat politik dan juga akademisi, Rocky Gerung, untuk debat terbuka di tvOne.

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran, dilansir cekfakta.com, klaim bahwa Gibran menantang debat terbuka Rocky Gerung adalah salah. Faktanya, foto Gibran yang dijadikan kolase tersebut merupakan foto yang diambil saat pertemuan antara Gibran dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Istana Negara.

Foto Gibran dalam unggahan tersebut nyatanya ditemukan dalam artikel liputan6.com yang berjudul Kata Pakar tentang Bahasa Tubuh Gibran Saat Bertemu AHY yang tayang pada 11 Agustus 2017.

Baca Juga: Gerindra Dukung Gibran Gara-gara Prabowo Kacungnya Jokowi?

Baca Juga: Ruhut Ejek Deklarasi Gerung Cs: Aku Termehek-mehek

Sementara itu, foto Rocky Gerung juga mengalami penyuntingan karena kepala Rocky diambil dari foto profil kanal YouTube milik Rocky Gerung kemudian ditempelkan ke gambar badan seseorang yang mengenakan atribut kepresidenan. Selain itu, belum ada konfirmasi dari masing-masing pihak tentang tantangan debat terbuka.

Simpulan

Gambar merupakan suntingan atau editan. Sementara itu klaim yang menyebut bahwa Gibran menantang debat terbuka Rocky Gerung adalah klaim yang salah.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini