Perang di Laut China Selatan Bisa Meletus, Indonesia Harus...

Perang di Laut China Selatan Bisa Meletus, Indonesia Harus... Foto: CSIS Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI)

Konflik yang terjadi di Laut China Selatan bisa saja meletuskan perang terbuka antara dua negara yang bertikai.

Amerika Serikat dan Tiongkok yang berkonflik di Laut China Selatan akhir-akhir ini semakin meningkatkan ketegangan di kawasan tersebut.

Jika perang terbuka meletus di Laut China Selatan, maka seluruh negara di kawasan Asia Tenggara akan terdampak konflik, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Australia Tolak Mentah-Mentah Klaim China atas Laut China Selatan

Untuk itu, Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Demokrat, Syarief Hasan meminta Pemerintah Indonesia untuk siap siaga mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

Indonesia, dikatakan Syarief Hasan, tidak menginginkan terjadinya perang terbuka di Laut China Selatan. Namun kesiapsiagaan Indonesia menyikapi segala kemungkinan perlu dilakukan, termasuk meningkatkan kesiapsiagaan di Laut Natuna Utara.

"Indonesia tidak menginginkan terjadi adanya perang terbuka di Laut China Selatan karena seluruh negara Asia Tenggara akan merasakan dampaknya, termasuk Indonesia. Sehingga, untuk itu perlu perhatian khusus dalam membangun kekuatan militer untuk meminimalisir bahkan mencegah terjadi perang terbuka," kata Syarief Hasan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (3/8/2020).

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini