Pemilik 7-Eleven Beli Ritel Pom Bensin AS, Harganya Fantastis!

Pemilik 7-Eleven Beli Ritel Pom Bensin AS, Harganya Fantastis! Foto: New York Daily News

Pemilik 7-Eleven baru saja membeli rantai pompa bensin Speedway dari Marathon Petroleum (MPC) seharga USD21 miliar (Rp308 triliun). Kedua perusahaan mengumumkan transaksi tunai dalam sebuah pernyataan Minggu malam.

Ini adalah salah satu akuisisi terbesar di dunia yang diumumkan sejak pandemi virus corona. Raksasa ritel Jepang Seven & i Holdings yang dimiliki Masatoshi Ito ini memiliki 7-Eleven dan outlet lainnya, termasuk supermarket Ito-Yokado dan department store Sogo dan Seibu.

Baca Juga: Bayar Utang, Mantan Orang Terkaya China Jual Gedung Pencakar AS

Dilansir dari CNN Business di Jakarta, Selasa (4/8/2020) perusahaan mengatakan bahwa akuisisi ini adalah yang terbesar dalam sejarah perusahaan. Seven & i adalah operator rantai toserba terbesar di Jepang yang memiliki 21.000 toko di sana.

Mereka juga memiliki hampir 9.800 toko di Amerika Serikat dan Kanada. Perusahaan telah mencari untuk ekspansi ke luar negeri karena pasar dalam negerinya tumbuh semakin jenuh.

Dengan mengakuisisi Speedway, pengecer Jepang akan mengambil 4.000 toko dan memberikan operasinya di Amerika Utara. Lewat kesepakatan ini, 7-Eleven akan hadir di 47 dari 50 area metro terpadat di Amerika Serikat.

Meski begitu, para investor terkejut oleh harga yang tinggi dari kesepakatan itu. Saham Seven & I Holdings turun hampir 9% pada perdagangan Senin di Tokyo, persentase penurunan satu hari terbesar sejak 23 Maret. Bersama dengan banyak pengecer lainnya, keuntungan Seven & i terpukul keras selama pandemi.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini