Rudal China Tembak Jatuh Pesawat-pesawat Musuh

Rudal China Tembak Jatuh Pesawat-pesawat Musuh Foto: Reuters/Thomas Peter

Peningkatan kekuatan militer China memang bukan hanya hisapan jempol. Sejumlah aksi unjuk kekuatan terus dilakukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) di semua sektor, baik darat, laut, dan udara. Yang terbaru, beredar sejumlah foto yang menunjukkan penghancuran pesawat lawan oleh rudal-rudal anti-pesawat milik China.

Dalam laporan China Military, sejumlah target berhasil dihancurkan oleh Sistem Pertahanan Udara Tor varian HQ-17 buatan Rusia, milik Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAGF) di Gurun Gobi.

Baca Juga: Sentimen 'Anti-China' Melonjak di India, Samsung Ketiban Rezeki?

Penghancuran target berupa pesawat-pesawat musuh adalah bagian dari latihan tempur Brigade Pertahanan Udara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China, yang berlangsung pada 26 Juli 2020.

Dalam sejumlah foto, tampak dua unit kendaraan Sistem Pertahanan Udara Tor yang menembakkan rudal ke arah sasaran.

Menurut laporan yang dikutip dari CCTV7, saat ini Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat China memiliki sekitar 25 unit sistem rudal Tor HQ-17.

Laporan itu menyebut, rudal anti-pesawat HQ-17 memiliki jangkuan pendek 12 kilometer. Rudal ini dirancang untuk menyerang jet-jet tempur, helikopter tempur, dan rudal jelajah, milik musuh.

Latihan tempur di Gurun Gobi ini dilakukan tiga hari sebelum latihan tempur Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) di Laut China Selatan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini