Sengaja Batuk di Liga Inggris, Bisa Dikartu Merah Lho!

Sengaja Batuk di Liga Inggris, Bisa Dikartu Merah Lho! Foto: Reuters

Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) mengeluarkan aturan baru terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Para pemain yang ketahuan sengaja batuk di hadapan musuh atau wasit, dapat dihukum dengan kartu kuning, bahkan mendapat kartu merah langsung.

Baca Juga: Bawa Liverpool Juara Liga Inggris, Klopp: Saya Masih Pria Normal

Dalam dokumen yang dirilis tersebut, FA meminta para perangkat pertandingan, terutama wasit, tidak segan-segan dalam mengambil tindakan tegas. Pemain yang melanggar aturan tersebut bisa saja langsung diusir keluar lapangan. Peraturan baru itu akan langsung diterapkan untuk semua level pertandingan.

“Tindakan tegas harus langsung diambil wasit jika seseorang terbukti dengan sengaja dan dari jarak yang dekat, batuk-batuk di wajah pemain lawan atau bahkan ofisial pertandingan,” bunyi pernyataan resmi FA, dikutip dari The Guardian, Selasa (4/8/2020).

“Jika insiden itu tidak terlalu parah sehingga harus dikeluarkan dari lapangan, pelanggar akan diberikan peringatan atas dasar perilaku tidak sportif, yakni tidak menghormati pertandingan,” sambung pernyataan resmi tersebut.

Lebih lanjut, FA mewajibkan wasit untuk menghukum siapapun dalam pertandingan yang rutin batuk-batuk. Sang pengadil juga harus mengingatkan pemain untuk tidak sering-sering meludah ke lapangan sekali pun tindakan itu bukan sebuah pelanggaran berat.

Seperti diketahui, penyebaran virus Corona atau Covid-19 bisa melalui droplet atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung. Batuk, meludah, bersin, atau sekadar membuka mulut saja dapat mengeluarkan droplet yang mengandung Covid-19. Karena itu, disarankan agar menjaga jarak antar manusia.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini