Duterte Sarankan Rakyatnya Cuci Tangan Pakai Bensin, 'Emang Gila'

Duterte Sarankan Rakyatnya Cuci Tangan Pakai Bensin, 'Emang Gila' Foto: Reuters/Erik De Castro

Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial. Duterte memerintahkan warganya untuk mendesinfeksi masker mereka dengan bensin, jika tidak punya alkohol.

Ini adalah kedua kalinya dia membuat pernyataan itu, meski pekan lalu pejabat pemerintahan akhirnya mengeluarkan klarifikasi bahwa pernyataan Presiden hanya lelucon. Salah satu pejabat kesehatan menegaskan masker kain harus dicuci secara normal.

Baca Juga: Ngamuk ke Dokter Filipina, Duterte: Saya Tahu Anda Lelah tapi...

Namun, akhir pekan lalu, Duterte kembali membuat pernyataan serupa dan menambahkan bahwa dia 'tidak bercanda'. "Apa yang saya katakan itu benar, pergi ke pompa bensin," ujar Duterte.

Tidak ada bukti bahwa bensin dapat mensterilkan masker dan kontak langsung dengan bahan bakar kendaraan tentu menimbulkan bahaya. Menuangkan cairan yang mudah terbakar seperti bensin juga bisa menimbulkan risiko kebakaran.

"Mereka (kritikus) mengatakan 'Duterte gila, bodoh!'. Jika saya gila, maka Anda harus jadi presiden, bukan saya. Apa yang saya katakan itu benar. Jika alkohol tidak tersedia terutama bagi orang miskin, pergi saja ke pompa bensin dan gunakan untuk mendesinfeksi. Saya tidak bercanda," ujar presiden berusia 75 tahun itu, dilansir The Sun.

Mengklarifikasi pernyataan tersebut, juru bicara kepresidenan Harry Roque dengan cepat mengeluarkan klarifikasi.

"Saya tidak percaya bahwa setelah empat tahun menjabat sebagai presiden, Anda masih belum mengenalnya. Ini hanya lelucon, mengapa kita menggunakan bensin untuk mencuci," ujarnya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini