Statement Ngawur Swab Cuma Rp10 Ribu, Video Anji Dihapus

Statement Ngawur Swab Cuma Rp10 Ribu, Video Anji Dihapus Foto: (Foto: Shutterstock)

Musisi, Erdian Aji Prohartanto atau lebih akrab disapa Anji, kembali memantik reaksi publik saat dirinya menghadirkan Hadi Pranoto yang mengaku sebagai profesor sekaligus Pakar Mikrobiologi, di channel YouTube-nya.

Dalam video yang diunggah Anji di channel YouTube Dunia Manji, Hadi Pranoto mengklaim telah menemukan antibodi COVID-19 dari bahan herbal, yang tidak hanya mampu mencegah tapi juga mengobati pasien virus corona.

"Ya, obat anti COVID-19, bisa menyembuhkan dan bisa mencegah," ujar Pranoto kepada Anji dari Instagram @duniamanji, Senin 3 Agustus 2020.

Baca Juga: Anji Wawancara Hadi Pranoto, Tompi: Cek Dulu Latar Belakangnya

Tidak hanya itu, Hadi juga menyampaikan bahwa harga swab test untuk COVID-19 sebenarnya murah dan tidak mahal seperti sekarang. Bahkan dalam tes tidak perlu dicolok hidung atau tenggorokannya hingga menimbulkan rasa sakit. 

"Ada swab lebih baik dengan digital teknologi mungkin Rp10.000 bisa ketahuan," tutur Hadi. 

Namun, banyak pihak yang menyayangkan video Anji yang dianggap menyesatkan. Warganet bahkan menelusuri rekam jejak Hadi. Berdasarkan hasil penelusuran di mesin pencari, namanya tidak terdaftar sebagai profesor bahkan tidak diketahui ia berasal dari kampus mana. 

Sayangnya, video berjudul "Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!" yang diunggah Anji sudah dihapus YouTube. Video tersebut sudah tidak bisa diakses sejak Minggu malam, 2 Agustus 2020.

Tapi, jika ingin menonton cuplikan video Anji yang sedang mewawancarai Hadi Pranoto, rekaman itu masih diunggah Anji di akun Instagram-nya @duniamanji, berikut ini.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini