AS Suntikkan Dana Rp35 Triliun ke Timor Leste, Apa Tujuannya?

AS Suntikkan Dana Rp35 Triliun ke Timor Leste, Apa Tujuannya? Foto: Wikimedia Commons

Sekertaris Menteri Pertahanan Amerika, Dr. Mark T. Esper melakukan perbincangan melalui telepon dengan Menteri Pertahanan Timor Leste, Filomeno da Paixao de Jesus.

Dikutip dari Defense.gov, Senin (3/8/2020), keduanya membahas mengenai kerja sama mereka mengenai prioritas pertahanan bilateral, termasuk latihan militer.

Baca Juga: Timor Leste Terancam Bencana Kelaparan Akibat Pandemi Covid-19

VIVA Militer: Prajurit Amerika Berfoto Bersama Prajurit Timor Leste

Selain itu mereka juga membahas mengenai pendanaan kerja sama keamanan untuk Bandara Baucau, Timor Leste dan kemitraan antara militer Timor Leste dengan Garda Nasional Pulau Rhode.

Ternyata kedua petinggi dari masing-masing negara itu saling memberikan simpati kepada mereka yang terkena dampak penyebaran virus COVID-19. Ester memberikan pujian kepada Timor Leste atas pencapaiannya dalam menangani masalah virus asal Tiongkok itu.

Namun di sisi lain Menteri Pertahanan Timor Leste mengucapkan ungkapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Negara Adi Daya itu atas bantuannya.

Perlu diketahui bahwa Amerika mengirimkan bantuan dana dengan mengalokasikan dana sebesar 2,4 juta Dolar Amerika atau setara dengan Rp35 Triliun kepada negara yang memilih merdeka dari Indonesia sejak tahun 1999.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini