Senjata Tempur Soviet Hampir Bentrok dengan Mesin Perang AS

Senjata Tempur Soviet Hampir Bentrok dengan Mesin Perang AS Foto: Rusvesna.su

Di tengah ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran, senjata lapis baja buatan Uni Soviet nyaris baku hantam dengan senjata modern AS. Namun, akankah mesin-mesin tua era Soviet ini mampu mengimbangi senjata AS di medan perang?

Soviet, dahulu menjual sistem pertahanan udara yang akan menahan segala kemungkinan ancaman udara pada masa itu kepada Iran. Sekitar 500 unit tank T-72 untuk angkatan bersenjata Iran juga termasuk dalam kesepakatan tersebut.

Baca Juga: Perwira Tinggi AS Akui Takut Rudal Nuklir China, Salah Langkah?

Selain itu, seperti dilansir RBTH, negara-negara lain, seperti AS dan sejumlah negara Eropa, juga menjual senjata mereka ke Teheran, ketika Barat masih berhubungan baik dengan Iran.

Namun, masa itu sudah lama sekali berlalu. Kini, sistem-sistem pertahanan itu tak berpeluang untuk melindungi Iran dari persenjataan modern, serta rudal, jet tempur, dan bomber terbaru yang canggih.

Iran saat ini masih menggunakan dua peralatan militer warisan Soviet, yang pertama adalah tank T-72. Pada masanya, tank ini pernah dianggap sebagai kekuatan yang patut diperhitungkan.

Di Rusia, tank-tank ini telah melewati sejumlah modernisasi supaya kemampuannya setara dengan tank masa kini dan mampu menembus perisai serta lapis baja modern.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini