Demokrat Minta Pertahanan Negara Jangan Kendor, Ada Apa Nih??

Demokrat Minta Pertahanan Negara Jangan Kendor, Ada Apa Nih?? Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Wakil Ketua MPR dari Fraksi Demokrat, Syarief Hasan, meminta pemerintah untuk segera meningkatkan kesiapsiagaan di Laut Natuna Utara, terkait panasnya situasi di Laut China Selatan.

"Pemerintah perlu memberikan perhatian khusus terhadap Natuna Utara," katanya dalam keterangannya, Senin (3/8/2020).

Baca Juga: Kasus Said Didu Vs Luhut Digantung Pak Polisi, Eh Orang Demokrat

Baca Juga: Demokrat: Sang Joker Sudah Dibekuk, Apakah Ini Babak Akhir?

Diketahui, konflik Laut China Selatan diakibatkan oleh perseteruan antara dua negara besar yakni China dan Amerika Serikat. China yang membuat klaim sepihak terhadap Laut China Selatan berdasarkan nine dash line menyebabkan Amerika Serikat turut ikut campur.

Menurut dia, kondisi tersebut memungkinkan terjadinya perang terbuka di Perairan China Selatan. Karena itu, ia menegaskan agar pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap Natuna Utara.

Ia menilai militer di Natuna Utara secara khusus dan Indonesia harus ditingkatkan untuk mempertahankan wilayah Indonesia jika ada gangguan sewaktu-waktu terjadi perang terbuka.

"Indonesia tidak menginginkan terjadi adanya perang terbuka di Laut China Selatan karena seluruh negara Asia Tenggara akan merasakan dampaknya, termasuk Indonesia. Sehingga, untuk itu perlu perhatian khusus dalam membangun kekuatan militer untuk meminimalisir bahkan mencegah terjadi perang terbuka," ujarnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini