Alhamdulillah, AS Setujui Tentaranya Pakai Jilbab dan Serban

Alhamdulillah, AS Setujui Tentaranya Pakai Jilbab dan Serban Foto: Foto/Istimewa

Komando operasi khusus Angkatan Udara Amerika memberikan kelonggaran kepada salah satu prajuritnya untuk bisa mengenakan turban. Turban sendiri memang menjadi ciri ikonik bagi masyarakat India.

Tentu penggunaan turban akan terlihat sangat mencolok terutama di Amerika. Namun siapa yang menyangka bahwa kelonggaran penggunaan turban berlaku bagi seorang prajurit penerbang Angkatan Udara Amerika yang diketahui sangat ketat dalam segala peraturan. 

Baca Juga: Terkuaknya Dua Sisi Gelap Rusia di Balik Perang China-India

Dikutip dari Military, Dominic Varriale mendapat bantuan persetujuan untuk mengenakan turban yang biasanya dalam proses persetujuannya memakan waktu hingga tahun.

Tapi bagi prajurit analisis intelijen geospasial di skuadron intelijen operasi khusus ke-11, ia justru mendapat persetujuan hanya dalam waktu tiga bulan saja. Di balik cepatnya persetujuan yang didapat Varriale, ia mendapat bantuan dari pemimpinnya dan Sikh American Veterans Alliance (SAVA).

"SAVA mengirimi saya artikel-artikel agama yang disetujui Instruksi Angkatan Udara seperti turban yang berwarna dan memiliki pola kamuflase untuk mendukung tugas operasional saya," kata Varriale.

Varriale juga menambahkan bahwa pihak Angkatan Udara memberikan waktu untuknya bertemu dengan seorang Gurdwara (pemuka agama sikh) untuk mendapat surat resmi mengenai pemakaian turban yang tidak biasa.

“Setelah mengetahui tentang persetujuannya, reaksinya (Varriale) terlihat begitu senang dan bangga. Tapi yang paling penting adalah semua orang tahu bahwa persetujuan itu sangat berarti baginya,” kata Letnan Kolonel Brian Lightsey, Komandan SOIS ke-11.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini