Heboh Obat Herbal Corona Versi Hadi Pranoto, Anji Buka Suara

Heboh Obat Herbal Corona Versi Hadi Pranoto, Anji Buka Suara Foto: Rahmat Saepulloh

Musisi Erdian Aji Prihartanto atau yang lebih dikenal dengan nama Anji, belakangan tengah menjadi perhatian publik.

Sebuah video wawancaranya dengan seorang pria bernama Hadi Pranoto, ramai dikomentari publik. Dalam video yang mengudara pada Jumat (31/7/2020) itu, Anji mewawancarai Hadi Pranoto, yang ditulisnya dalam video sebagai seorang profesor dan pakar di bidang mikrobiologi.

Sepanjang 35 menit, Anji dan Hadi Pranoto berbincang soal obat herbal yang diklaim mujarab sembuhkan Covid-19 dalam hitungan 2-3 hari.

Wawancara tersebut mengundang banyak komentar, baik dari kalangan selebriti, bahkan pegiat medis di Indonesia.

Nama Anji pun sempat viral dan menjadi trending di Twitter pada Minggu, 2 Agustus 2020. Banyak warganet yang membahas isi video tersebut. Ada yang membela, ada pula yang kontra.

Baca Juga: Anji Wawancara Hadi Pranoto, Tompi: Cek Dulu Latar Belakangnya

Baca Juga: Update Kasus Corona Minggu 2 Agustus, Lampaui 110 Ribu

Videonya mengundang banyak perbincangan, Anji pun akhirnya angkat bicara.

Lewat akun Instagram pribadinya, @duniamanji, Anji mencoba menanggapi berbagai isu yang beredar soal hasil wawancaranya terkait obat herbal Covid-19 dengan Hadi Pranoto.

Anji mengatakan, dirinya akan mencoba menerima ajakan influencer kesehatan, dr. Tirta, untuk berdiskusi soal isu tentang dirinya yang sudah terlanjur jadi konsumsi publik.

"Menanggapi isu yang beredar, saya akan berdiskusi dengan pihak-pihak yang ada di postingan dr. Tirta, tanggal 4 nanti. Hasil diskusinya akan saya share. Pertanyaan yang ada nanti saya sampaikan," tulis Anji, Minggu (2/8/2020) malam.

Jawaban ini ditulis Anji setelah sebelumnya, ia diajak diskusi oleh pegiat kesehatan, dr. Tirta.

Pada unggahan pribadinya, dr. Tirta menanggapi soal isu obat herbal Covid-19 yang beredar viral di masyarakat.

Dalam tulisannya, dr. Tirta memang tak menampik bahwa memang ada obat herbal yang sedang diuji klinis. Namun, dr. Tirta menolak pernyataan jika obat Covid-19 sudah ditemukan.

"Obat herbal ini sedang proses uji klinis, seperti vaksin dan obat lainnya yang dikembangkan universitas-universitas dan Eijkman Institute. Jadi ga ada itu istilah obat covid. Apalagi statement 'profesor' yang sungguh harus dibuktikan," tulis dr. Tirta.

Dalam tulisan yang sama, dr. Tirta juga mengajak Anji dan Hadi Pranoto untuk berdiskusi bersama perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait isu yang telah berkembang viral.

"Bismillah untuk mengatasi ini, saya sudah bersama dr. Fajriaddai, anggota IDI jakarta Pusat dan dr. Widi JDN Indonesia, akan melakukan diskusi bersama Anji dan Pak Hadi Pranoto. Hasil diskusi akan disebarkan kemudian," lanjut dr. Tirta.

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini