Ganjil Genap Diberlakukan Lagi, Transjakarta Siap Tambah Armada

Ganjil Genap Diberlakukan Lagi, Transjakarta Siap Tambah Armada Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Pemprov DKI Jakarta memastikan operasional bus Transjakarta siap mengantisipasi lonjakan penumpang saat sistem ganjil genap berlaku Senin (3/8/2020). Protokol kesehatan COVID-19 tetap dikedepankan, khususnya batasan kapasitas 50%.

Direktur Utama PT Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan, sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pihaknya siap mengantisipasi adanya lonjakan penumpang saat sistem ganjil genap.

"Sesuai arahan Gubernur agar protokol kesehatan tetap diberlakukan ketat, karena Kesehatan dan keselamatan warga pengguna jasa adalah yang utama," kata Jhony saat dihubungi wartawan, Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga: Yuhuu! Mulai Senin, Operasional Transjakarta hingga LRT Normal

Jhony menjelaskan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya melakukan penambahan armada sekitar 25% di seluruh koridor yang bersinggunangan langsung dengan jalur ganjil genap.

"Total operasional sekitar 751 armada di sepuluh koridor tersebut, dan 812 armada secara keseluruhan (13 koridor)," ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan tidak akan ada penumpukan penumpang di halte bus Transjakarta ketika ganjil genap kembali. Pihaknya sudah menyiapkan bus cadangan sebanyak 10 persen dari jumlah bus yang ada.

Bus cadangan tersebut disediakan untuk menjemput penumpang yang menumpuk di halte. Syafrin berharap dengan penambahan bus cadangan itu, masyarakat bisa tetap bermobilitas meski tanpa kendaraan pribadi.

"Ada 10% bus cadangan di setiap menyusun rencana operasional. Dari total 100, maka yang masuk dalam rain off itu adalah 10% cadangan," pungkasnya.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini