Disebut Gila, Presiden Filipina: Serius, Cuci Masker Pakai Bensin

Disebut Gila, Presiden Filipina: Serius, Cuci Masker Pakai Bensin Foto: Reuters/Erik De Castro

Baru-baru ini, Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, telah membuat pernyataan terkait pencegahan Covid-19. Duterte mengatakan jika ada orang yang hendak mencuci masker untuk pencegahan Covid-19 sebaiknya mendatangi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Setelah di SPBU kemudian langsung mencuci maskernya dengan menggunakan bensin. 

Duterte juga menegaskan bahwa saran yang dia sampaikan itu adalah hal yang serius. Presiden Filipina ini menyebutkan bahwa dirinya 'tidak bercanda' terkait mencuci masker dengan bensin.

Baca Juga: Momen Erick Thohir Hingga Sri Mulyani Lepas Masker, Ternyata...

Pekan lalu, Duterte membuat pernyataan serupa. Namun langsung dikoreksi oleh para pejabatnya, mengatakan bahwa saran sang presiden hanyalah lelucon. Para pejabat kesehatan Filipina mengatakan bahwa masker kain harus dicuci secara normal, dan masker bedah diganti setelah digunakan.

“Apa yang saya katakan benar, pergilah ke tempat pengisian bensin,” Duterte kembali menegaskan sarannya terseut pada Jumat, 31 Juli 2020. 

Sebagaimana diberitakan Galamedia.com sebelumnya dalam artikel "Cegah Virus Corona, Presiden Filipina Rodrigo Duterte Sarankan Masker Dicuci Pakai Solar atau Bensin", tidak ada bukti bahwa bensin dapat mensterilkan masker. Bahkan  kontak yang terlalu lama dengan bensin juga dianggap bisa berbahaya dan menuangkan cairan yang mudah terbakar bisa menjadi risiko kebakaran.

"Mereka (kritikus) berkata, 'Duterte gila.' Bodoh! Jika saya gila, Anda harus menjadi presiden, bukan saya,” ujar Duterte mengacu pada komentar sebelumnya.

Baca Juga: Hebat Nih! Baru Kali Ini Trump Imbau Rakyatnya Agar Pakai Masker

"Apa yang saya katakan itu benar. Jika alkohol tidak tersedia, terutama bagi orang miskin, pergi saja ke pompa bensin, dan gunakan (bensin) untuk mendisinfeksi. Saya tidak bercanda,” ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini