Gara-Gara Langkah Ini, Arab Saudi Banjir Pujian dari Bos WHO

Gara-Gara Langkah Ini, Arab Saudi Banjir Pujian dari Bos WHO Foto: Reuters/Huseyin Aldemir

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesu, memuji langkah pencegahan dan kedisiplinan Arab Saudi selama pelaksanaan ibadah haji 2020.

Dia menyebut, Saudi berhasil mencegah adanya penularan virus corona di antara para jemaah yang melaksanakan ibadah haji. Terbukti, belum ada laporan penularan baru Covid-19 di antara jemaah haji.

Baca Juga: Kain Kiswah Penutup Kabah Diganti Jelang Puncak Ibadah Haji

Diberitakan al Arabiya, Jumat (31/7/2020), pemimpin badan kesehatan PBB tersebut memuji langkah-langkah yang diambil oleh Kerajaan, terkait pelaksanaan ibadah haji tahun ini di tengah pandemi virus Corona.

Tedros menekankan, apa yang dilakukan pemerintah Saudi tersebut adalah contoh sempurna dari apa yang bisa dilakukan negara-negara untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru, dan hidup berdampingan dengan virus Corona, serta melindungi kehidupan orang-orang.

Sebelumnya pada Rabu (29/7/2020), para jemaah haji memulai ibadah haji tahunan, yang secara dramatis dikurangi tahun ini. Karena tuan rumah Arab Saudi berusaha untuk mengendalikan penyebaran virus Corona.

Baca Juga: Keren, Orang Indonesia Lolos Bisa Berhaji di Masa Pandemi

Ibadah haji, satu dari lima rukun Islam ini biasanya merupakan salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia. Tetapi tahun ini hanya sekitar 10 ribu orang yang sudah tinggal di kerajaan Saudi yang berpartisipasi dalam ritual haji 2020 ini, hanya sebagian kecil dari 2,5 juta jemaah haji dari seluruh dunia yang hadir tahun lalu.

"Tidak ada kekhawatiran terkait keamanan dalam ibadah haji ini. Tapi (pengurangan jemaah) adalah untuk melindungi para jemaah dari bahaya pandemi," ujar Direktur Keamanan Publik Saudi Khalid bin Qarar Al-Harbi.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini