Pakar Bilang Kucing Rentan Terinfeksi Virus Corona karena...

Pakar Bilang Kucing Rentan Terinfeksi Virus Corona karena... Foto: Unsplash/Kim Davies

Tertular virus corona dari majikannya, seekor kucing positif Covid-19 dan ini merupakan kasus pertama di Inggris.

"Tes virus corona dilakukan oleh laboratorium Badan Kesehatan Hewan dan Tanaman yang telah dirujuk oleh dokter hewan swasta," ungkap Direktur Medis Kesehatan Masyarakat Inggris Yvonne Doyle.

Baca Juga: Inilah Kucing Pertama Covid-19 yang Terinfeksi Corona

Dia juga mengungkapkan gejala yang dialami kucing ketika terinfeksi virus corona.

"Gejalanya berupa infeksi pernapasan dengan keluarnya hidung dan napas pendek," tambahnya.

Meskipun tak ada bukti hewan peliharaan lainnya dapat secara langsung menularkan virus pada manusia, namun pada kasus ini bukti menunjukkan kucing mendapatkan Covid-19 dari pemiliknya.

Jika hewan peliharaan tidak sehat, maka harus mengisolasinya di dalam ruangan sampai pulih kembali. Jika Anda cukup khawatir, maka Anda bisa membawa hewan peliharaan ke dokter hewan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kucing adalah spesies hewan yang paling rentan terhadap coronavirus SARS-CoV-2 dan dapat menularkannya ke kucing lain.

"Pengujian yang dilakukan oleh Badan Kesehatan Hewan dan Tumbuhan telah mengkonfirmasi bahwa virus yang bertanggung jawab untuk Covid-19 telah terdeteksi pada kucing peliharaan di Inggris," kata Kepala Petugas Veteriner Christine Middlemiss.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini