Kain Kiswah Penutup Kabah Diganti Jelang Puncak Ibadah Haji

Kain Kiswah Penutup Kabah Diganti Jelang Puncak Ibadah Haji Foto: Saudi Press Agency/Handout via Reuters

Kain hitam penutup Kabah yang suci atau Kiswah diganti pada Rabu (29/7/2020) malam waktu Arab Saudi. Sebuah tradisi tahunan yang dilakukan pengurus Dua Masjid Suci (Haramain). Pergantian Kiswah dilakukan menjelang 9 Dzulhijjah atau saat puncak haji, yakni wukuf di Arafah. 

Pergantian melibatkan puluhan petugas berseragam khusus dengan pengawalan petugas keamanan Masjidil Haram.

Baca Juga: Berulah di Situs Suci, Ratusan Orang Ditangkap

Ahmed Bin Mohammed Al-Mansouri, wakil kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci dan direktur jenderal Kompleks Raja Abdul Aziz untuk Kabah, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Kabah akan dipakaikan dengan Kiswah baru, yang terdiri atas empat sisi dan sitar (tirai) untuk pintu.

Untuk teknis pergantiannya, masing-masing dari empat bagian Kiswah baru diangkat secara terpisah. Tiap-tiap sisinya dibentangkan dan dikonsolidasikan dari atas dengan mengikat di bagian atas Kabah.

Dimulai dari sisi Hijir Ismail antara Rukun (sudut) Iraki dan Rukun Syami. Kemudian, berganti ke sisi pintu Kabah antara Rukun Iraki dan Rukun Hajar Aswad.

Dilanjutkan pada sisi Rukun Yamani yang terletak antara Rukun Hajar Aswad dan Rukun Yamani. Terakhir pada sisi antara Rukun Yamani dan Rukun Syami.

Saat pergantian, Kiswah lama tidak dicopot terlebih dahulu. Sebelum Kiswah baru dinaikkan ke atas dan diikat. Setelah empat bagian Kiswah yang baru ditarik ke atas di setia sisinya, barulah Kiswah yang lama dicopot. Lalu, setiap sudut sabuknya dijahit lurus dengan empat sisi, hingga dinding Kabah tertutup.

Al-Mansouri menambahkan, untuk membuat kain Kiswah penutup Kabah dengan ukuran 658 meter persegi membutuhkan 670 kilogram bahan berkualitas tinggi. Yakni kain sutra berkualitas tinggi, 120 kilogram benang emas, dan 100 kilogram benang perak.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini