Miris, Gaji Panglima TNI Setara dengan Letnan Dua di Malaysia

Miris, Gaji Panglima TNI Setara dengan Letnan Dua di Malaysia Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Kita semua rakyat Indonesia patut bangga pada para prajurit Tentara Nasional Indonesia atau TNI. Bagaimana tidak, meski TNI adalah Raja Militer Asia Tenggara. Ternyata gaji yang diterima para prajurit TNI sangat-sangat jauh dengan gaji tentara negara tetangga Malaysia.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 16 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Tentara Nasional, terlampir daftar gaji pokok prajurit TNI mulai dari golongan I dengan pangkat Prajurit Dua dan Kelasi Dua hingga golongan IV dengan pangkat Jenderal, Laksamana, dan Mersekal.

Baca Juga: Rakyat Lagi Susah saat Pandemi, Gaji Bos Kartu Prakerja Rp77 Juta

Dalam daftar itu tertulis, nilai gaji pokok terendah disandang seorang prajurit TNI berpangkat Prajurit Dua atau Kelasi Dua dengan masa kerja di bawah satu tahun, prajurit dengan kategori ini hanya mendapatkan gaji pokok sebesar Rp1.643.500.

Dan nilai gaji pokok tertinggi didapatkan seorang Jenderal, Laksamana atau Marsekal dengan masa kerja 32 tahun. Prajurit TNI dengan kategori ini mendapatkan gaji pokok sebesar Rp5.930.800.

Nah, berdasarkan data yang dihimpun VIVA Militer, Kamis 30 Juli 2020, dari situs resmi Angkatan Tentera Malaysia, terlihat sekali perbedaan yang sangat jauh antara gaji pokok tentara Jiran itu dengan gaji pokok prajurit TNI.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini