Bukan Main, Israel Gandeng Singapura Kembangkan Rudal Canggih

Bukan Main, Israel Gandeng Singapura Kembangkan Rudal Canggih Foto: U.S. Navy/Mass Communication Specialist 1st Class Ronald Gutridge

Singapura dan Israel bersekongkol membentuk sebuah perusahaan yang akan memasarkan dan menjual sistem rudal Angkatan Laut yang canggih.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Defense News, Rabu (29/7/2020), perusahaan bersama ini bernama Proteus Advanced Systems yang diklaim oleh kedua negara bahwa mereka masing-masing memiliki 50 persen saham.

Baca Juga: Ya Tuhan, Israel Ubah Puluhan Masjid Jadi Bar hingga Museum

Singapore Technologies Engineering (STE) dan Israel Aerospace Industries (IAI) memang telah menjalin kerja sama beberapa tahun terakhir.

Namun kerja sama dengan membuat perusahaan bersama ini dinilai dapat meningkatkan kekuatan kedua perusahaan. 

Proteus Advanced Systems tengah membuat rudal generasi terbaru untuk sistem rudal anti kapal yang disebut Blue Spear. Rudal ini memperkenalkan teknologi canggih, modern dan baru yang akan menjawab permasalahan Angkatan Laut di masa depan.

Singapore Technologies Engineering akan berperan dalam mengembangkan desain, produksi subsistem utama seperti motor penguat dan hulu ledak atas rudal Blue Spear. STE terpilih karena telah berkecimpung dalam bisnis amunisi konvensional selama bertahun-tahun dengan standar NATO. 

Selain amunisi, STE juga terlibat dalam produksi lisensi rudal anti tank Rafael Spike dan rudal darat ke udara Igla Rusia PK38 yang saat ini digunakan oleh militer Singapura. 

Singapura dan Israel telah menjalin hubungan pertahanan yang dekat selama beberapa dekade. Hubungan dekat ini berawal ketika Israel memberikan bantuan kepada Singapura untuk mendirikan pangkalan militernya saat merdeka pada tahun 1965.

Kemudian hubungan itu meluas ke industri pertahanan kedua negara dan Singapura menjadi pengguna utama peralatan pertahanan dari Israel. 

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini