Pijar Mahir Siapkan Pelatihan Menuju Talenta Digital

Pijar Mahir Siapkan Pelatihan Menuju Talenta Digital Foto: Istimewa

Era transformasi digital saat ini menumbuhkan permintaan yang mendorong ketersediaan talenta Teknologi Informasi dan Digital (TID) di Indonesia. Platform edutech Pijar Mahir sebagai platform penyedia pelatihan digital menghadirkan pelatihan bidang TID.

Berdasarkan laporan riset Google, Temasek, dan Bain & Company bertajuk E-Conomy SEA 2019, Indonesia merupakan negara dengan perkembangan ekonomi internet terbesar dan tercepat di Asia Tenggara yang mencapai US$40 miliar di tahun 2019 dan berpotensi mencapai US$130 miliar pada 2025.

Baca Juga: Dukung UMKM Kuliner, Pijar Mahir Gelar Pelatihan Bisnis Kuliner

Dengan pertumbuhan ekonomi internet yang begitu pesat, Indonesia akan membutuhkan lebih banyak lagi sumber daya manusia yang ahli dalam bidang TID. Namun, berdasarkan riset The World Bank di tahun 2019 bertajuk Indonesia Skills Development Project, dipaparkan bahwa Indonesia kekurangan 9 juta talenta digital.

"Besarnya perkembangan ekonomi internet Indonesia tentu berbanding lurus dengan kebutuhan talenta digital yang kompeten di berbagai bidang. Melihat adanya gap antara kebutuhan dan ketersediaan akan talenta digital tersebut, Pijar Mahir berupaya meningkatkan jumlah talenta digital Indonesia melalui berbagai pelatihan digital," kata Prasabri Pesti, Head of Tribe Education Telkom Indonesia, Rabu (29/7/2020).

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Course-Net, pada era digital ini, profesi yang paling dicari oleh industri adalah Cyber Security Specialist, Data Scientist, Web/Mobile Programmer, Network Engineer, dan Digital Marketer. Guna membantu mengatasi kebutuhan talenta digital, Pijar Mahir berkolaborasi dengan lebih dari 12 lembaga, salah satunya Course-Net, untuk menghadirkan sederet pelatihan pengembangan potensi diri dalam rangka mengisi peluang pekerjaan yang dibutuhkan industri.

Hingga saat ini, perusahaan mengklaim telah menyediakan berbagai pilihan pelatihan bidang teknologi digital dengan proporsi mencapai 34% dari keseluruhan pelatihan yang tersedia. Bekerja sama dengan berbagai lembaga, seperti Course-Net, Dicoding, MyEduSolve dan lembaga lainnya, Pijar Mahir telah menghadirkan pelatihan bidang TI yang beragam, meliputi Coding, Internet of Things, UI, Java Apps Developer, serta masih banyak lagi.

Adapun salah satu kelas yang paling diminati dalam bidang teknologi digital adalah "Teknik Coding Dasar untuk Menjadi Apps Developer" yang bekerja sama dengan lembaga pelatihan Course-Net.

Selain pelatihan dalam bidang teknologi digital, Pijar Mahir juga memiliki berbagai pelatihan online komprehensif tersertifikasi mulai dari marketing & bisnis, startup, wirausaha, bahasa, administrasi, dan sederet pelatihan pengembangan diri lainnya, serta telah bekerja sama dengan lebih dari 30 lembaga pelatihan.

Dengan adanya pelatihan yang dihadirkan oleh Pijar Mahir sebagai salah satu platform resmi pelatihan Kartu Prakerja dari Telkom Indonesia, diharapkan masyarakat dapat mengembangkan diri dan kemampuan yang sesuai dengan bidang yang diminati. Dengan begitu, ke depannya, permasalahan SDM yang dialami oleh industri dan talenta dapat teratasi.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini