Gandeng NVIDIA, OmniSci Resmikan Pusat Keunggulan

Gandeng NVIDIA, OmniSci Resmikan Pusat Keunggulan Foto: Microsoft Indonesia

OmniSci, perusahaan akselerasi analitik, hari ini mengumumkan pembukaan Pusat Keunggulan (Center of Excellence atau CoE) yang memiliki fokus pada Kecerdasan Buatan (Artifical Intelligence atau AI) dan Ilmu Data (Data Science) di Universitas Gunadarma.

CoE tersebut dibangun dengan kolaborasi bersama NVIDIA, perusahaan komputasi AI, dan Epsindo, perusahaan penyedia solusi IT di Indonesia. CoE tersebut berfungsi sebagai pusat sumber daya untuk menyediakan pembuktian konsep (proof of concept) untuk inovasi baru dan akan membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia. CoE ini juga berfungsi sebagai pusat pelatihan untuk membekali para ilmuwan data (data scientists) dengan pemahaman lebih dalam tentang perangkat keras dan lunak yang terbaru.

Baca Juga: Salip Intel, Nvidia Jadi Pembuat Chip Paling Berharga di AS

"AI dan ketersiapan data merupakan sebuah cerminan akan adanya kesempatan emas bagi Indonesia dengan potensi untuk memberikan keuntungan dalam segi kecepatan dan skala kepada berbagai industri seperti telekomunikasi, jasa keuangan, ritel, kesehatan, dan sektor publik," kata Vice President, Industry Verticals, OmniSci, Herfini Haryono, Rabu (29/7/2020).

Menurut survey IDC tahun 2018, Indonesia menjadi pemimpin di wilayah Asia Tenggara dengan sebanyak 24.6% perusahaan yang sudah mengadopsi teknologi AI. AI juga termasuk ke dalam salah satu dari lima program teknologi strategis yang telah diidentifikasi oleh Kementerian Perindustrian Indonesia saat mereka merancang petunjuk arahan (roadmap) terintegrasi "Making Indonesia 4.0" yang bertujuan untuk mempercepat transformasi digital masyarakat Indonesia.

Center of Excellence di Universitas Gunadarma akan menjadi platform ide inovatif. Center of Excellence tersebut akan memfasilitasi kemampuan komputasi super dalam segi solusi perangkat keras dan lunak, serta menjadi tempat uji coba (testbed) untuk mengembangkan bukti konsep yang inovatif.

Sejak berekspansi ke Asia untuk memenuhi meningkatnya permintaan regional dalam kemampuan analitik perusahaan mereka, OmniSci telah bekerja sama dengan mitra kunci terutama dalam menyediakan dukungan lokal terlengkap bagi perusahaan klien baik yang sudah ada maupun prospektif, serta klien pemerintahan dan akademik di pasar utama seperti Singapura, Indonesia, India, Filipina, dan wilayah Asia lainnya.

"Kolaborasi kami dengan OmniSci dan Universitas Gunadarma akan mendukung bisnis di Indonesia dan tenaga kerja yang ada untuk menghadapi tantangan komputasi masa depan dengan sukses dan mempercepat transformasi digital," kata Vice President Worldwide Field Operations, Asia Pacific NVIDIA, Raymond Teh.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini