Mesir Disuplai Jet-jet Tempur Rusia, AS Ngamuk-ngamuk

Mesir Disuplai Jet-jet Tempur Rusia, AS Ngamuk-ngamuk Foto: Reuters/Maxim Shemetov

Militer Mesir segera menerima lima jet tempur buatan Rusia, Sukhoi Su-35, sesuai gambar yang menunjukkan jet tempur itu sedang terbang menuju Mesir.

Lima Sukhoi Su-35 Flankers yang kini dimiliki Angkatan Udara Mesir itu tampak terbang ke Mesir dari Rusia.

Baca Juga: Disetujui Presiden, Mesir Akhirnya Siap Perang Hadapi Turki

“Mereka akan diberi nomor antara 9210 dan 9214,” ungkap laporan portal berita RT berbahasa Arab.

Amerika Serikat (AS) keberatan dengan langkah Mesir membeli peralatan militer Rusia itu. Washington sejak lama mempertahankan prinsip keunggulan kualitatif Israel dengan menjaga superioritas militer dan peralatan tempurnya di Timur Tengah.

Tahun lalu, AS mengancam Mesir dengan sanksi jika melanjutkan membeli jet tempur Rusia.

“Ini menempatkan mereka pada risiko sanksi dan berisiko kehilangan akuisisi senjata di masa depan. Ini bukan hal baru. Kairo jelas sadar ini. Ini bukan berita baru,” papar Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Politik Militer R Clarke Cooper pada saat Dubai Airshow, November 2019.

Awal 2019, Mesir menandatangani kesepakatan senilai USD2 miliar dengan Rusia untuk membeli lebih dari 20 jet Sukhoi Su-35.

“Jet Rusia itu bersaing dengan jet AS seperti F-15 Strike Eagles, F/A-19 Hornets, dan bahkan generasi kelima F-35,” ungkap laporan RT.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini