Buat Firli KPK: Nangkap Harun Masiku Saja Nggak Becus Sok Pamer

Buat Firli KPK: Nangkap Harun Masiku Saja Nggak Becus Sok Pamer Foto: Antara/Nova Wahyudi

Enam bulan menakhodai KPK, Komjen Pol Firli Bahuri pamer kerja. Tapi, sayang tak banyak pujian yang disampaikan publik ke KPK (sekarang ini). Selama 6 bulan bertugas, Firli bilang, KPK telah menyidik 160 per kara. 85 orang ditetapkan sebagai tersangka.

“Sudah kami lakukan penahanan sebanyak 61 orang,” ujar Firli dalam webinar ‘Criminal law & Criminology #4 Korupsi Bantuan Sosial’ yang diselenggarakan Masyarakat hukum Pidana dan Kriminologi (MAHIPIKI), kemarin.

Dalam proses penyidikan itu, KPK juga sudah memeriksa 3.512 saksi. Selain itu, komisi antirasuah melakukan 25 kali penggeledahan dan 201 penyitaan. Seluruhnya dilakukan seizin Dewan Pengawas (Dewas) KPK, sesuai amanat Pasal 37 huruf B Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 terkait Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca Juga: KPK Akhirnya Lakukan OTT, ICW Masih Terus Tagih Harun Masiku

“Sampai hari ini kerja sama koordinasi kemitraan antar Dewas dengan KPK tidak ada hambatan,” klaim eks Kapolda Sumsel itu.

Firli menegaskan, KPK berkomitmen memberantas korupsi, dia mengklaim sepanjang 2019, komisi antirasuah menyidik 268 perkara dengan 146 tersangka. Terbanyak, dari operasi tangkap ta ngan (OTT), yakni 76 tersangka. Sementara 70 tersangka lain berasal dari pengembangan kasus

Di era Firli, KPK baru melakukan empat kali OTT. Dari OTT itu, 17 orang telah ditetapkan sebagai tersangka yang terdiri dari bupati, kader partai politik, penyelenggara pemilu, dan pengusaha. Apa tanggapan warganet atas prestasi yang dipamerkan Firli? Banjir pujian? Oh tidak. Yang ada, malah di nyinyirin.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini