Ketje! Startup Lokal Ini Bakal Garap Teknologi Pertanian 4.0

Ketje! Startup Lokal Ini Bakal Garap Teknologi Pertanian 4.0 Foto: Rahmat Saepulloh

Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), salah satu startup di bawah naungan UMG Idealab besutan Kiwi Aliwarga sukses meraih juara Hermes Startup Award di Hannover Messe 2020. 

Baca Juga: 4 Startup Binaan Orang Terkaya Jepang Bakal Dapat Bantuan dari AS

Baca Juga: Dukung RUU Cipta Kerja, AMPI Beralasan Bakal Untungkan Startup

Hannover Messe yang diadakan di Jerman merupakan pameran industri dan teknologi terbesar di dunia dan diikuti oleh ribuan peserta. Perhelatan bergengsi ini rutin mengadakan kompetisi Hermes Award untuk peserta setiap tahunnya. Sedangkan, Hermes Startup Award 2020 merupakan perdana yang digelar oleh Hannover Messe, dengan menyasar startup berusia di bawah lima tahun yang memberikan solusi teknologi inovatif dengan memberikan manfaat kepada industri, lingkungan, dan masyarakat.

Sejauh ini, MSMB telah bekerja sama dengan berbagai kementerian, lembaga, pemerintah daerah, pihak swasta, bank, dan asuransi dalam proyek ekosistem Smart Farming 4.0 berbasis IoT (Internet of Thing). Tujuannya, agar bisa membantu permasalahan petani dari hulu hingga hilir, di antaranya adalah petani-petani mitra di Sukabumi. MSMB mulai akan menjajaki penjualan hasil panen hortikultura ke DKI Jakarta dengan potensi jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa. Hasil panen ini berasal dari sekitar 200 petani mitra MSMB di Sukabumi.

“Menggunakan aplikasi MSMB RiTx Bertani, petani juga bisa melakukan pencatatan kegiatan bertani sehingga aktivitas kegiatannya dapat tercatat dengan baik dalam bentuk Good Agricultural Practices (GAP). GAP ini nantinya menjadi basis dalam fitur traceability yang saat ini sedang kami kembangkan,” kata Bayu Dwi Apri Nugroho, Co-founder sekaligus Presiden Direktur MSMB kepada wartawan, Selasa (28/7/2020).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini