3 Jurus Paling Ampuh Tekan Angka Kecelakaan Kerja, Ini Dia...

3 Jurus Paling Ampuh Tekan Angka Kecelakaan Kerja, Ini Dia... Foto: Mochamad Ali Topan

Penerapan budaya kesehatan dan keselamatan kerja atau K3 menjadi bagian investasi bagi entitas bisnis yang sangat penting di seluruh sektor usaha. Terbukti budaya K3 bisa meminimalisasi pegeluaran tidak perlu akibat biaya yang harus ditanggung dari kecelakaan kerja.

Menurut Pengurus Asosiasi Ahli Keselamatan & Kesehatan Kerja (A2K3 Jawa Timur), Edi Priyanto secara tegas mengatakan, ada tiga jurus untuk menghindarkan kecekalaan kerja yakni, Pertama terkait pemberian layanan kesehatan yang meliputi, medical check up, dan fit to work. Kedua edukasi dan promosi dengan memberi pelatihan kepada pegawai, pemberian sertifikasi, safety induction, safety briefing, dan e-learning web.  Ketiga terkait keselamatan kerja yang meliputi, rekayasa engineering alat kerja, otomasi proses bisnis, kelengkapan peralatan safety dan emergency response.

Baca Juga: Tantangan K3 saat New Normal Seperti Apa? Ini Dia Jawabannya

“Itulah tiga jurus paling ampuh untuk menekan angka kecelekaan kerja diperusahaan,” kata Edi dalam webinar yang diselenggarakan Kadin Jatim bertajuk “Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sebagai Investasi Bagi Perusahaan”di Surabaya, Selasa (28/7/2020)

Edi mendata, berdasarkan data dari Kementerian Tenaga Kerja, angka kecelakaan kerja mampu ditekan dalam tiga tahun terakhir. Tahun 2015 jumlah kecelakaan kerja mencapai 110.285 kemudian turun menjadi 105.182 (2016) dan turun hingga 80.392 (2017).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini