Angkut Hewan Kurban, Kemenhub Operasikan Enam Kapal Ternak

Angkut Hewan Kurban, Kemenhub Operasikan Enam Kapal Ternak Foto: Khairunnisak Lubis

Kementrian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya mendukung angkutan hewan kurban. Misalnya saja, Kapal Ternak KM Camara Nusantara 2 yang mengangkut 550 ekor sapi telah tiba di Pelabuhan Dumai, Riau pada Sabtu (25/7/2020) setelah menempuh perjalanan dari Pelabuhan Tenau, Kupang.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan dengan kedatangan kapal ini memastikan ketersediaan pasokan sapi di Riau. Budi mengatakan, KM. Camara Nusantara 2 mempunyai rute tetap yaitu Kupang-Tanjung Priok Jakarta.

Baca Juga: DMI-Gopay Kolaborasi Infak Tanpa Kontak, JK: Sejahterakan Umat

Namun, guna mengakomodir permohonan Pemerintah Daerah Dumai untuk memastikan ketersediaan pasokan ternak jenis sapi di Provinsi Riau jelang Iduladha, kapal tersebut melakukan deviasi rute langsung dari Kupang menuju Dumai.

“Ini merupakan pemberangkatan perdana hewan ternak untuk rute Kupang, NTT menuju Dumai, Riau,” jelas Budi di Jakarta,Senin (27/7/2020).

Budi mengungkapkan, Kementrian Perhubungan memiliki  enam unit kapal ternak yang siap mengangkut hewan sapi untuk memenuhi ketahanan pangan suatu wilayah jika dibutuhkan.

Baca Juga: Jelang Iduladha, OVO Tawarkan Fasilitas Bayar Kurban

Keenam kapal ternak dimaksud adalah KM. Camara Nusantara 1 yang dioperasikan oleh PT Pelni, KM. Camara Nusantara 2 yang dioperasikan oleh PT Pelayaran Wirayuda Maritim, KM Camara Nusantara 3 dan KM Cemara 4 yang dioperasikan oleh PT Subsea Lintas Globalindo, KM Camara Nusantara 5 yang dioperasikan oleh PT Luas Line.

Kelima kapal ini beroperasi dengan pelabuhan pangkal di Kupang, NTT. Sedang satu kapal lagi yaitu KM. Camara Nusantara 6 beroperasi dengan pelabuhan pangkal di Kwandang Gorontalo.

Sampai Juni 2020 sebanyak 13.163 ekor sapi, 24 ekor kambing dan 24 ekor kuda telah diangkut oleh ke enam kapal tersebut guna mendukung pemenuhan kebutuhan daging di seluruh wilayah Indonesia terutama wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini