China-AS Memanas, Jokowi: Harus Kita Ambil, Harus Kita Ambil

China-AS Memanas, Jokowi: Harus Kita Ambil, Harus Kita Ambil Foto: Antara/Sigid Kurniawan/Pool

Presiden Joko Widodo angkat suara soal situasi di Laut China Selatan. Ketegangan yang terjadi antara China dan Amerika Serikat di wilayah sengketa itu berimbas pada geopolitik global.

Hal itu dikatakan Kepala Negara saat pengarahan kepada peserta Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) yang dihadiri perwira TNI-Polri, Sekolah Staf, dan Komando.

"Ini semuanya harus tahu, Laut China Selatan memanas, China-Amerika semakin memanas," kata Jokowi, Selasa, 28 Juli 2020.

Baca Juga: Jokowi: Waspada Gelombang Kedua Corona

Ketegangan antar-dua negara ini pasti berimbas ke Tanah Air. Menurut dia, Indonesia harus mengambil momentum terlebih saat ini dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19.

"Momentum ini harus kita ambil, harus kita ambil," tegas Jokowi.

Jokowi mengingatkan laporan dari berbagai lembaga keuangan dunia menyebutkan pertumbuhan ekonomi global tumbuh minus. Angka terus dinamis, bahkan disebutkan hingga minus 7 persen. Dia menuturkan, semua negara mengalami kontraksi ekonomi termasuk krisis kesehatan.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta cara-cara kerja yang tidak efisien dan ruwet harus ditinggalkan.

"Karena berkali-kali saya sampaikan bukan negara besar mengalahkan negara kecil tapi yang sekarang dan yang akan datang negara cepat yang akan mengalahkan negara yang lambat, artinya yang cepat yang akan menang," ujar Jokowi.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini