Xi Jinping Akan Buka Pertemuan Tahunan AIIB 2020

Xi Jinping Akan Buka Pertemuan Tahunan AIIB 2020 Foto: (Foto/Reuters)

Presiden China, Xi Jinping, dijadwalkan akan memberi sambutan sekaligus membuka Pertemuan Tahunan Asian Infrastructure Investment Bank atau Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) 2020.

Pertemuan tahunan ini merupakan pertemuan kelima sejak AIIB mulai beroperasi pada 16 Januari 2016. Didirikan oleh 57 anggota, AIIB kini telah berkembang menjadi 102 anggota dari seluruh dunia. Hingga saat ini, AIIB telah menyetujui pinjaman hingga US$ 19,6 miliar untuk 87 proyek di 24 negara.

Baca Juga: AIIB Utangi Indonesia Rp14,15 Triliun untuk Penanganan Covid-19

Pertemuan tahunan ini awalnya direncanakan akan diadakan di kantor pusat baru AIIB di Beijing. Namun, meliihat situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda, pertemuan tahunan tahun ini akan dilakukan secara virtual. Dengan demikian, Gubernur dan Manajemen Senior AIIB masih dapat terlibat dengan para pemangku kepentingan dari seluruh dunia selama pandemi Covid-19.

"Pertemuan tahunan tahun ini akan mendorong diskusi tentang pentingnya kemitraan untuk menghubungkan pasar, membangun ekonomi yang lebih hijau, menutup kesenjangan digital, dan menavigasi tantangan ke depan," seperti dikutip Warta Ekonomi dalam keterangan tulis, Selasa (28/7/2020).

Webinar akan dihadiri oleh beberapa tokoh keuangan di antaranya Ngozi Okonjo-Iweala, Mantan Menteri Keuangan Nigeria, Mantan Direktur Pelaksana, Bank Dunia, dan Anggota Dewan Penasihat Internasional AIIB; Kai-Fu Lee, Ketua dan CEO Sinovation Ventures; Christina Tan, CEO, Dana Infrastruktur Keppel Asia; dan Nicholas Stern, Profesor IG Patel bidang Ekonomi dan Pemerintahan di London School of Economics sekaligus anggota AIIB International Advisory Panel.

Pembicara terkemuka lainnya pada Upacara Pembukaan meliputi Jin Liqun, Presiden, AIIB; DIA. Liu Kun, Ketua Dewan Gubernur AIIB dan Menteri Keuangan Republik Rakyat Tiongkok; H. E. U Soe Win, Wakil Ketua Dewan Gubernur AIIB dan Menteri Persatuan untuk Perencanaan dan Keuangan Republik Persatuan Myanmar; serta Hon. Bjarni Benediktsson, Wakil Ketua Dewan Gubernur AIIB dan Menteri Keuangan dan Ekonomi Republik Islandia.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini