Bantu Menkes, Kementerian BUMN Lakukan 142.552 Tes PCR

Bantu Menkes, Kementerian BUMN Lakukan 142.552 Tes PCR Foto: Sufri Yuliardi

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan bahwa sampai dengan 26 Juli 2020, sebanyak 142.552 PCR test telah dilakukan. Hal ini sebagai peran BUMN dalam pengendalian pandemi covid-19 yang melanda tanah air.
"Terbesar ada di Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) Cempaka Putih, di mana kita memiliki 1 mesin PCR yang cukup besar," ujar Kartika dalam Webinar Kajian Tengah Tahun INDEF, Selasa,(28/7/2020).

Kartika mengharapkan, tes ini dapat membantu Kementerian Kesehatan, terutama dalam memberikan layanan tes yang dapat menjangkau lebih banyak masyarakat. Sebelumnya, BUMN telah melakukan pembangunan Wisma Atlet dengan kapasitas tampung hingga 12 ribu orang. Selain itu, penyiapan Rumah Sakit khusus covid-19 di RSPJ Cempaka Putih dan RSPP Simprug, juga penyediaan tempat tidur khusus covid-19 di seluruh rumah Sakit BUMN di Indonesia sebanyak 2.703 beds, dan 370 ruang ICU.

"Sehingga diharapkan dukungan kita kepada Kementerian Kesehatan maupun gugus tugas untuk memperluas jumlah masyarakat yang dites ini juga cukup signifikan," ujar Kartika.

Selain itu, Kartika juga menyampaikan bahwa PT Bio Farma (Persero) telah menerima vaksin virus Corona untuk uji klinis III dari perusahaan China, Sinovac. Hasil dari uji klinis diharapkan didapatkan akhir tahun.

"Saat ini dengan Sinovac dari China kita telah menerima vaksin uji klinis yang telah dimulai diharapkan akhir 2020 kita mendapat hasil uji klinis," ujar Kartika

Dia menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan WHO dan CEPI untuk mengakses penemuan vaksin.

"Kita kerja sama WHO dan CEPI mengakses juga produksi vaksin lain melihat potensi penemuan vaksin di berbagai belahan dunia," ujarnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini