Uji Coba Yuan Digital, China Gandeng Lebih dari 20 Perusahaan

Uji Coba Yuan Digital, China Gandeng Lebih dari 20 Perusahaan Foto: Unsplash

Peluncuran yuan digital tampaknya semakin dekat. Sebab, Bank Sentral China (PBoC) kini memperluas uji coba mata uang digital nasional itu. Beberapa di antaranya merupakan perusahaan dengan basis pengguna yang kuat.

Yuan digital merupakan kemitraan dari empat bank pelat merah; Bank Industri dan Komersial China (ICBC), Bank Konstruksi China, Bank Pertanian China, dan Bank China; ditambah tiga operator telekomunikasi; China Telecom, China Mobile, dan China Unicorn; serta Huawei.

"Bank Rakyat China (PBoC) telah bermitra dengan lebih dari 20 perusahaan, demi menguji coba yuan digital di dunia nyata," lapor Finance Magnates (FM), dilansir Selasa (28/7/2020).

Baca Juga: China Bakal Uji Coba Yuan Digital Buat Taksi Online, Wow!

Baca Juga: Harga Bitcoin Melonjak Drastis, Mata Uang Kripto Lain Menyusul

China juga mengonversi sebagian dari deposito bank sentral ke dalam mata uang digital dan mengidentifikasi sektor-sektor yang berpotensi mendorong penggunaan yuan digital.

Awalnya, uji coba yuan digital berlaku untuk membayarkan sebagian gaji pegawai negeri di empat kota; Shenzhen, Suzhou, Chengdu, dan Xiong'an. Kemudian, itu berkembang ke sektor transportasi daring, dengan menggandeng Didi Chuxing. "Platform itu memiliki 550 juta pengguna dengan armada di lebih dari 400 kota," begitu bunyi laporan FM.

Tak cuma Didi, bank sentral juga bermitra dengan Meituan Dianping, startup pengiriman makanan dukungan Tencent yang memiliki ratusan juta pengguna. PBoC juga menggandeng Alipay, Wechat, McDonald's, Starbucks, dan Subway.

Bahkan, pemerintah China juga kabarnya sedang melobi aplikasi streaming video Bilibili yang memiliki lebih dari 170 juta pengguna.

Selain China, sejumlah bank sentral negara lain juga berniat merilis mata uang digital nasional; seperti Bak Sentral Prancis dan Jepang. Bahkan, Bank lithuania merilis uang digital bernama LBCOIN; di bawah naungan CBDC (bank sentral Eropa).

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini